Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

PEMBIASAAN BERSALAM PASCA APEL BENDERA

Senin, 26 Agustus 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 25 Kali

Gerakan penguatan pendidikan karakter (PPK) di UPTD SMPN 1 Bajuin dilakukan secara terencana dan terprogram dalam berbagai kegiatan di sekolah, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Salah satunya dengan melalui kegiatan pembiasaan bersalaman pasca pelaksanaan upacara atau apel bendera setiap hari Senin.

Siswa bersalaman satu per satu dengan guru dan tenaga administrasi sekolah yang berada di posisi bendiri saat upacara tadi.  Siswa menyalami dan mencium tangan bapak dan ibu guru dengan tertib, mulai dari barisan siswa yang terdekat dengan barisan guru, atau biasa juga yang berdahulu kelompok siswa putrid an di belakangan siswa putra. Selama siswa belum selesai bersalaman, maka bapak dan ibu guru yang berada di barisan tersebut tidak bergerak, hingga seluruh siswa bersalaman, lalu sesama guru dan tenaga administrasi sekolah bersalaman.

Pelaksanaan kegiatan bersalaman siswa dengan guru tersebut berlangsung sekitar 10-15 menit, tergantung banyak dan sedikitnya jumlah siswa. Jumlah siswa UPTD SMPN 1 Bajuin yang jumlah relatif sedikit, sebanyak 136 siswa, dapat dilaksanakan secara tertib dan baik sekitar 15 menit.

Dengan adanya kegiatan bersalaman tersebut diharapkan memberikan nilai dan makna positif dalam kerangka pembinaan dan penguatan pendidikan karekter di sekolah. Adapun maksud kegiatan ini adalah menumbuhkan dan mengembangkan akhlak dan budi pekerti siswa yang luhur dan terpuji dan juga meningkatkan silaturrahim sesama keluarga besar UPTD SMPN 1 Bajuin. Secara khusus, kegiatan pembiasaan bersalaman pasca upacara bendera ini bertujuan antara lain : (1) Mempraktikkan dan menguatkan pendidikan budi perkerti, akhlak, dan moral kepada siswa; dan (2) Meningkatkan pendidikan karakter yang sudah diajarkan dan dipraktikkan dalam pembelajaran di kelas.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung