Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

CATATAN KEGIATAN PEMBINAAN PENGAWAS PEMBINA SEKOLAH

Rabu, 31 Juli 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 17 Kali

Menindaklanjuti hasil kesepakatan beberapa waktu sebelumnya dengan Ibu Hj.Endang S.W, S.Pd, MM selaku Pengawas Pembina Sekolah UPTD SMPN 1 Bajuin, maka pada Rabu, 31 Juli 2019 dilaksanakan kegiatan pembinaan bertempat di ruang dewan guru UPTD SMPN 1 Bajuin. Kegiatan pembinaan tersebut difokuskan pada refleksi hasil rapot mutu tahun 2018 dan persiapan pengisian rapot mutu 2019.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.45 WITA, dengan pengantar penulis selaku Kepala UPTD SMPN 1 Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, yang memaparkan kondisi sekolah diawal tahun pelajaran 2019/2020. Selanjutnya, penyampaian arahan pembinaan oleh Hj.Endang S.W, S.Pd, MM, selaku Pengawas Pembina yang menyampaikan maksud dan tujuan utama kegiatan pembinaan hari ini.  Kegiatan ini merupakan tugas yang diemban oleh Pengawas Pembina Sekolah terhadap sekolah yang menjadi binaannya dalam rangka refleksi dan evaluasi rapot mutu tahun 2018 lalu.

Menurut hasil rapot mutu tahun 2018, UPTD SMPN 1 Bajuin mengalami peningkatan yang relatif sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sehingga perlu ditingkatkan pada beberapa item dari 8 standar pendidikan di sekolah ini. Oleh sebab itu, perlu diketahui dan dipahami oleh semua pihak yang ada di sekolah ini agar nantinya sekolah dapat lebih meningkat lagi rapor mutu sekolahnya dimasa mendatang. Jika tidak ada peningkatan  atau sama nilai rapot mutunya dengan tahun sebelumnya, maka akan mendapatkan dampak yang kurang baik terhadap sekolah.

Seusai memberikan arahan secara umum terhadap rapot mutu 2018, Pengawas Pembina Sekolah mengarahkan semua guru untuk mencermati rapot mutu 2018 yang sudah dibagikan sebelumnya. Oleh sebab itu, Pengawas Pembina Sekolah mengarahkan dibentuk 4 (empat) kelompok yang terdiri dari : (1) Kelompok 8 Standar Pendidikan; (2) Kelompok GLS/ Literasi; (3) Kelompok PPK ; dan (4) Kelompok UKS. Selanjutnya, setiap kelompok diarahkan untuk mencermati rapot mutu pada kelompoknya masing-masing.

Kegiatan selanjutnya, masing-masing kelompok sesuai yang telah dibentuk mulai mengerjakan tugas sesuai dengan arahan Pengawas Pembina Sekolah. Fokus utama yang dicermati adalah pada item penilaian yang memperoleh nilai yang tidak baik, dan menalaah apa penyebab dan solusi atau program perbaikannya. Setiap kelompok diminta oleh Pengawas Pembina Sekolah mencatat item penilaian tersebut dan memberikan solusi atau program perbaikannya.

Hasil kerja kelompok yang sudah menyelesaikan tugas sesuai arahan Pengawas Pembina Sekolah kemudian ditandatangani oleh kepala sekolah, dan selanjutnya diserahkan kepada Pengawas Pembina Sekolah. Setelah semua kelompok telah menyelesaikan tugasnya, kembali Pengawas Pembina Sekolah memberikan arahan dan petunjuk selanjutnya bagi operator sekolah yang nantinya akan mengisi angket online melalui Dapodik pada bulan Agustus yang akan datang. Oleh sebab itu, dalam pengisian data Dapodik tersebut perlu didampingi oleh masing-masing kelompok tersebut, agar lebih terarah dan akurat datanya.

Kegiatan pembinaan dengan fokus penalaahan rapot mutu 2018 diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ahmad Fuad Hasan, S.Pd.I. Seusai pembacaan doa, penulis memberikan sebuah buku hasil karya penulis sendiri kepada Hj. Endang S.W, S.Pd, MM yang berjudul “ Menulis Itu Mudah” terbitan tahun 2018. Secara keseluruhan kegiatan berakhir pada pukul 12.15 WITA.

###2036###

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung