Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

BUKU ‘JMMP’ MEMBANTU MEWUJUDKAN BAKAT MENULIS MENJADI NYATA

Selasa, 11 Juni 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 16 Kali

Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa dirinya tidak punya bakat atau kemampuan dalam menulis. Namun pada kenyataannya, melalui media sosial yang dimilikinya banyak mengirim pesan dalam bentuk tulisan untuk memberikan informasi, membalas, atau mengomentari sesuatu dalam komunikasi di media sosial tersebut. Secara sadar atau tidak sadar, ternyata media sosial yang marak selama ini, orang mampu menulis dalam melakukan atau aktivitas di media sosial tersebut, selain mengirim foto atau vedio.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, kita diberikan pelajaran menulis dan membaca sebagai kemampuan dasar yang harus dikuasai untuk proses pembelajaran di sekolah. Kemudian, melalui aktivitas belajar di sekolah proses pembelajaran menulis terus berkembang seiring dengan latihan menulis yang dilakukan. Bermula dari mengenal huruf atau alfabet, lalu menulis huruf satu per satu, menulis kata per kata, dan akhirnya dapat menulis dengan baik dan lancar.

Keberanian dan percaya diri memang menjadi salah satu faktor untuk menjadi penulis.. Kemampuan menulis bertambah dan terus bertambah apabila kita rajin menulis, menulis, dan menulis. Menulis tentang apa saja yang kita alami, kita rasakan, kita lakukan, ataupun kita alami selama ini. Apakah menulis tentang perjalanan hidup kita sendiri, pengalaman pertama menjadi guru, mengikuti kegiatan pelatihan atau diklat, kegiatan kedinasan, kehidupan di sekolah, dan sebagainya.

Buku baru penulis yang berjudul “ JMMP” atau Jalan Mudah Menjadi Penulis diharapkan mampu membangkitkan kembali kemampuan atau bakat menulis yang telah ada dalam diri setiap orang. Menulis itu pada hakikatnya kita memikirkan tentang sebuah masa depan. Tidak penting apakah yang kita tulis itu sesuatu yang sangat sederhana atau tidak penting bagi diri kita sendiri. Menulis menjadi sarana bagi penulisnya untuk mengungkapkan konsep, ide, gagasan, ataupun pemikiran dirinya yang berkaitan dengan masa depan dirinya, lingkungannya, atau yang lebih luas bangsa dan negaranya .

Dalam buku ‘ JMMP” atau Jalan Mudah Menjadi Penulis ini, diawali dengan paparan tentang apa dan mengapa guru mesti menulis dan juga menerbitkan buku. Selanjutnya, diisi dengan paparan yang berupa bimbingan dan petunjuk teknis bagaimana menulis yang diserta contoh tulisan artikel yang terkait dengan materi. Lalu, pada bagian akhir dipaparkan tentang motivasi dan tips menjaga diri serta untuk tetap konsisten dalam menulis, dan cara praktis menerbitkan buku sendiri.

Selanjutnya, Melalui buku “ JMMP” atau  Jalan Mudah Menjadi Penulis ” ini, penulis ingin menggugah, menginspirasi, dan memotivasi rekan guru dimana pun berada untuk menulis dan menerbitkan buku. Menulis dan menerbitkan buku mudah, bukan sesuatu yang sulit seperti zaman dulu lagi. Teknologi informasi dan komunikasi memberikan kemudahan dan dukungan bagi upaya kita menulis dan menerbitkan buku. Komputer atau laptop sudah punya dan telah menjadi bagian dari pendukung pelaksanaan tugas sehari-hari, lalu ada surat elektronik atau e-mail yang memudahkan pengiriman naskah tulisan ke pihak penerbit.

Kini, saatnya guru menunjukkan potensi dan kemampuannya dengan menulis dan menerbitkan buku sendiri. Mari, manfaatkan kemudahan dan kecanggihan teknogi informasi dan komunikasi dalam upaya menjadi guru penulis, guru inspiratif

###1510###

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung