Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

FESTIVAL GEMA TAKBIR 1440 H SE TANAH LAUT

Senin, 10 Juni 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 170 Kali

Kembali, PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kabupaten Tanah Laut yang bekerjasama dengan Dinas Bidang Kebudayaan pada Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut menyelenggarakan Festival Gema Takbir menyambut dan memeriahkan Lebaran Idul Fitri 1440 H/ 2019 M. Kegiatan digelar pada malam Idul Fitri 1440 H atau 5 Juni 2019 bertempat di depan Balairung Tuntung Pandang Pelaihari. Kegiatan tersebut diikuti 52 mobil hias yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat di daerah Kabupaten Tanah Laut, seperti remaja masjid, majelis taklim, sekolah/madrasah, dan sebagainya.

Kegiatan dimulai pada pukul 21.00 WIT, dengan diawali pembukaan oleh pembawa acara. Acara selanjutnya pembacaan doa yang dipimpin oleh pegawai dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut. Kemudian, dilanjutkan dengan laporan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Abdillah, M.Pd, selaku panitia penyelenggara. Dalam laporannya disampaikan antara lain tentang dasar pelaksanaan, peserta yang mengkuti kegiatan, anggaran kegiatan, dan pada bagian akhir memohon kepada Bupati Tanah Laut untuk berkenan memberikan arahan dan melepas secara resmi peserta Festival Gema Takbir Idul Fitri 1440 H/2019 M.

Berikutnya, sambutan Bupati Tanah Laut, H.Sukamta, yang antara lain menyampaikan bahwa kegiatan festival ini dalam rangka mewujudkan rasa syukur dan sekaligus memperkuat tali silaturrami, saling merangkul. Selain itu juga menghimbau agar kita semua meningkatkan ibadah pacsa puasa Ramadhan, dan berharap semoga kita semua dapat dipertemukan lagi dengan Ramadhan berikutnya. 

Acara berikutnya, pelepasan peserta Festival Gema Takbir Idul Fitri 1440 H/2019 M oleh Bupati didampingi oleh Wakil Bupati dan undangan dengan membunyikan beduk dan pengibaran bendera start sebagai tanda resmi dimulainya perjalanan peserta festival dengan menulusuri rute perjalanan yang sudah ditentukan oleh panitia. Mobil hias peserta festival dipandu oleh mobil patroli polisi dari Satlantas Polres Tanah Laut untuk menulusi rute perjalanan yang ditentukan secara terib dan aman. Seluruh peserta festival mobil hias tersebut berangkat dan kembali di depan Balairung Tuntung Pandang Pelaihari.

Meski hujan gerimis membasahi bumi ‘ Tuntung Pandang’ pada malam Idul Fitri 1440 H tersebut, namun masyarakat sangat antusias menyaksikan festival tersebut. Festival Gemak Takbir tersebut dilakukan secara keliling dengan menggunakan mobil hias yang hanya dapat disaksikan setahun sekali pada saat malam har raya Idul Fitri ini.  Peserta Festival Gema Takbir tahun ini akan diberikan hadiah uang pembinaan bagi juara I, II,III,dan IV. Bagi juara I mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp 10 juta, juara II sebesar Rp 8 Juta, juara III sebesar Rp 6 juta, dan juara IV sebesar Rp 4 juta.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri yang berasal dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, PHBI, dan Dewan Kesenian Tanah Laut, keluar sebagai juara I dari Masjid Darul Iqomah Takisung, juara II dari Majelis Taklim Hidayatus Sholihin Pelaihari,  juara III dari Mushola AlHijrah Kelurahan Pabahanan, dan juara IV dari Masjid Darussalam Pelaihari. Bupati, H. Sukamta, bersama dengan Wakil Bupati, Abdi Rahman berkenan menyerahkan trofi, hadiah, dan piagam kepada para pemenang fastival pada malam tersebut.

Seusai penyerahan hadiah dilanjutkan dengan sesi foto bersama para pemenang dengan Bupati, Wakil Bupati, Forkopinda, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ketua Umum PHBI, dan undangan lainnya di panggung yang telah disediakan. Selanjutnya, kegiatan Festival Gema Takbir menyambut dan memeriahkan lebaran Idul Fitri 1440 H/ 2019 M  berakhir sekitar pukul 23.00 WIT. Selamat kepada para pemenang, dan semoga tahun depan dapat berjumpa kembali dalam kegiatan yang sama. Semoga.

 

###1509###

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung