Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

RAPAT KELULUSAN SISWA KELAS IX

Selasa, 28 Mei 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 96 Kali

Seusai menerima hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut pada Senin, 27 Mei 2019, maka selanjutkan dengan rapat kelulusan siswa kelas IX  yang dikaitkan dengan perolehan hasil UNBK siswa kelas IX  UPTD SMPN 1 Bajuin.

Kegiatan rapat kelulusan dipimpin dan dihadiri oleh dewan guru yang dimulai pukul 08.30-09.30 WIT di ruang dewan guru. Sebelumnya diambil keputusan bersama, terlebih dulu arahan dan informasi dari Kepala UPTD, yang antara lain menyampaikan hasil keseluruhan UNBK tingkat Provinsi Kalsel dan Kabupaten Tanah Laut, siswa dan sekolah berpretasi memperoleh nilai tertinggi UNBK tingkat Provinsi Kalsel dan Kabupaten Tanah Laut, dan informasi umum lainnya.

Selanjutnya, Kepala UPTD memberikan gambaran umum perolehan hasil UNBK peserta dari UPTD SMPN 1 Bajuin, baik perolehan nilai tertinggi secara umum oleh peserta maupun perolehan nilai tertinggi per mata pelajaran.  Berdasarkan kondisi tersebut, dilanjutkan dengan penyampaian kreteria kelulusan yang berkaitan dengan nilai akademik, sikap dan perilaku, dan kehadiran. Selanjutnya pendataan sesuai kreteria kelulusan yang dimaksud terhadap siswa kelas IX yang tersandung dengan kreteria tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun dari masing-masing wali kelas IX yang ada, diperoleh data ada sebanyak 6 (enam) siswa yang tersandung dengan salah satu persyaratan atau kreteria kelulusan. Lalu, melalui musyawarah yang cukup alot diantara dewan guru peserta rapat kelulusan, akhirnya dapat dicapai satu titik kesepakatan dengan memperhatikan berbagai pertimbangan yang disampaikan oleh peserta rapat. Titik kesepakatan yang tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa yang masih tersandung dengan kreteria kelulusan yang ada.

Kemudian, setelah mendapatkan kesepakatan dalam rapat kelulusan ini, dilanjutkan dengan penetapan kelulusan oleh kepala UPTD untuk mensahkan hasil rapat dewan guru tersebut. Sebelum diputus dan ditetapkan, kepala UPTD berharap agar kesekapatan dan keputusan ini menjadi tanggung jawab bersama meski awalnya ada beda pendapat yang relatif tajam, nemun setelah diputuskan dan ditetapkan tidak ada lagi rasa kurang puas atau ‘sangkal’ dan mengungkitnya masalah tersebut dikemudian hari.

Selanjutnya, Kepala UPTD SMPN 1 Bajuin menyatakan dan menetapkan kelulusan siswa kelas IX UPTD SMPN 1 Bajuin tahun pelajaran 2018/2019 dengan ketetapan, bahwa dari 50 (lima puluh) siswa kelas IX yang ada dinyatakan lulus sebanyak 49 siswa atau 98 %, sedangkan 1 (satu) siswa dinyatakan tidak lulus atau 2 %.  Rapat dinyatakan selesai dan tahap berikutnya, kepada wali kelas dibantu staf TU menyiapkan kertas pengumuman kelulusan dan membuatnya ke dalam amplop tertutup untuk nantinya diserahkan kepada orangtua siswa kelas IX.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung