Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

CATATAN HARI KETIGA PELAKSANAN UNBK 2019

Kamis, 25 April 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 36 Kali

Kondisi cuaca pagi ini, Rabu, 23 April 2019, di sekitar UPTD SMPN 1 Bajuin sedikit mendung dan cahaya matahari bersinar redup, agak malu-malu menampakkan sinarnya. Pagi itu, sekitar pukul 07.15 WIT, beberapa peserta UNBK yang masuk pada sesi pertama atau sesi pagi sudah sebagian besar datang di lingkungan sekolah. Sedangka petugas proktor (Ismail, S.Pd), teknisi (Ahamd Fuad Hasan, S.Pd.I) , dan juga pengawas ruang (Halimatus Sadiah, S.Pd) sudah datang lebih awal untuk menunaikan tugasnya pada hari ketiga pelaksanaan UNBK ini.

Menjelang pukul 07.30 WIT, panitia mempersilahkan peserta yang sudah hadir untuk memasuki ruangan, karena semuanya perangkat dan pendukung pelaksanaan UNBK sudah siap. Sementara itu, beberapa peserta yang baru datang segera disuruh memasuki ruangan UNBK, karena hampir seluruh peserta sudah memasuki ruangan dan siap menerima dan mengerjakan soal UNBK mata pelajaran Bahasa Inggris. Menjelang pukul 08.00 WIT, seluruh peserta yang mengikuti UNBK sesi pertama ini telah sebagian besar hadir di ruangan dan siap mengerjakan tugasnya masing-masing, kecuali hanya ada 1 (satu) peserta yang belum hadir dari 24 peserta sesi pertama ini.

Sekitar pukul 08.20 WIT penulis memeriksa kembali keadaan dan kehadiran peserta UNBK ke ruangan dengan bertanya kepada pengawas ruang, Halimatus Sadiah, S.Pd, bahwa masih belum datang juga seorang peserta UNBK. Entah apa alasannya belum hadir hingga pukul 08.20 WIT tsb, sedangkan teman-temannya sudah cukup lama dan banyak mengerjakan soal. Kemudian, oleh Ismail, S.Pd , guru BK UPTD SMPN 1 Bajuin didatangi ke rumahnya untuk memastikan apa sebab ketidakhadiran peserta tersebut. Setelah ditemui di rumah, yang bersangkutan tidak dapat berangkat ke sekolah karena sepeda motornya mogok. Akhirnya, peserta tersebut dibawa ke sekolah oleh guru BK tersebut untuk mengikuti UNBK ,meski agak lama terlambat, sekitar pukul 08.30 WIT.

Menurut laporan dari proktor, Ismail, S.Pd, bahwa berita acara pelaksanaan UNBK sesi pertama hari ketiga ini belum dapat kiriman dan dari server pusat, sehingga tidak dapat dibuka dan dicetak sebagaimana hari-hari sebelumnya. Sedangkan peserta yang tidak mengikuti pelaksanaan UNBK sesi pertama hari ketiga ini ada 1 (satu) orang, yang sama dengan hari-hari sebelumnya, yaitu karena kondisi yang bersangkutan dalam keadaan sakit. Sementara itu, pengawas monitoring dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut sampai pukul 09.30 WIT masih belum datang.

Peserta sesi pertama hari ketiga ini mulai ada yang keluar ruangan UNBK pada sekitar pukul 09.40 WIT, dan selesai sepenuhnya pada pukul 10.00 WT, lalu dilanjutkan dengan istirahat dan persiapan sesi kedua. Setelah semua peserta UNBK sesi kedua hari ketiga masuk ke ruangan, dilanjutkan dengan mengabsesn peserta dan memberikan token sebagaimana mestinya. Pada sesi kedua tersebut proktor dan teknisi tetapa sama seperti sesi pertama, sedangkan pengawas ruang berganti, pada sesi kedua ini Anwaruddin, S.Pd.I.

Akhirnya, pada sekitar pukul 10.40 WIT, hujan secara pelan turun membasahi tanah  dan alam sekitar sekolah, meski tidak terlalu lebat dan tanpa disertai angin dan petir.  Adanya hujan merupakan berkah yang Tuhan YME, Allah Swt turunkan untuk mendinginkan cauca yang selama  2 (dua) hari pelaksanaan UNBK ini panas dan gerah. Syukurnya lagi, turunnya hujan ini tidak disertai dengan angin kencang apalagi petir, sehingga tidak mengkhawatirkan akan adanya gangguan pada pasokan aliran listrik PLN.

Kembali, pada sesi kedua  hari ketiga ini, berita acara  pelaksanaan UNBK menurut informasi dari proktor tidak dapat dicetak, dan sepertinya dialami pula oleh sekolah yang lain. Sementara itu, menjelang pukul 11.00 WIT hujan mulai reda, namun awan hitam yang ada di sekitar lingkungan sekolah masih ada, dan besar kemungkinannya akan turun hujan lagi. Kemudian, sampai pukul 11.22 WIT, pengawas monitoring dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut belum juga datang, tidak ada informasi mengapa tidak hadir petugas monitoring yang bersangkutan, karena menurut jadwal petugasnya berganti dari hari-hari sebelumnya.

Pelaksanaan UNBK sesi kedua pada hari ketiga ini berakhir pada pukul 12.30 WIT, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Seluruh peserta UNBK sesi kedua meninggalkan ruangan ujian dan kembali ke rumah masigi-masing, sedangkan pengawas ruangan juga pamit meninggalkan ruangan karena tugasnya sudah selesai. Sedangkan yang masih beraktivitas proktor dan teknisi guna membereskan pelaksanaan UNBK hari ketiga ini, serta mematikan semua komputer dan laptop sebagaimana mestinya.  Syukur alhamdulillah, pelaksanaan UNBK hari ketiga ini, baik sesi satu maupun sesi dua berjalan dengan terib, lancar, dan diikuti dengan baik oleh peserta. Semoga kondisi yang baik terus berlanjut hingga besok sebagai hari terakhir pelaksanaan UNBK. Semoga.

 

###1461###

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung