Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

CATATAN HARI KEDUA PELAKSANAN UNBK 2019

Rabu, 24 April 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 109 Kali

Pada hari kedua pelaksanaan UNBK, Selasa , 23 April 2019, di UPTD SMPN 1 Bajuin dibayangi oleh kondisi cuaca yang kurang cerah. Meski tidak ada ada awan hitam atau mendung, namun cuaca pagi itu agak redup dan terasa dingin, karena sore kemarin di daerah sekitar sekolah turun hujan cukup lebat. Kondisi cuaca pada pagi ini sedikit mengkhawatirkan, karena kalau terjadi hujan dan angin kencang dikkhawatirkan dapat mengganggu pasokan listrik di daerah sekitar sekolah. Apabila listrik terganggu atau padam, akan dapat mengganggu jalannya pelaksanaan UNBK , karena komputer server masih mengandalkan listrik PLN.

Sesi pertama hari kedua dimulai pada pukul 07.30 WIT,  dengan pengawas ruang Anwaruddin, S.Pd.I  serta dengan proktor, Ismail, S.Pd  dan teknisi, Ahmad Fuad Hasan, S.Pd.I. Berdasarkan informasi dari pihak pengawas ruang, bahwa masih ada 3 (tiga) peserta UNBK yang belum mengabsen  atau belum hadir hingga pukul 07.40 WIT. Ketika mengecek ke ruangan UNBK sekitar pukul 08.00 WIT, peserta yang belum hadir tadi ternyata sudah datang dan menempati tempatnya masing-masing, meski dalam daftar absen belum terisi atau belum ditantangani oleh yang bersangkutan.

Pelaksanaan UNBK sesi pertama sempat ada gangguan pada server utama yang berasal dari server  pusat, sekitar pukul 08.50 WIT, namun tidak mengganggu peserta mengerjakan soal UNBK. Tidak berapa lam kemudian, proktor melaporkan kepada penulis bahwa  server utama sudah online dan normal kembali. Penulis terus memantau pelaksanaan UNBK di ruang kepala sekolah sambil menunggu datangnya pengawas monitoring dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, karena sampai pukul 09.00 WIT, petugas yang bersangkutan masih belum hadir.

Sekitar pukul 09.20 WIT, beberapa peserta  UNBK sudah ada yang keluar ruangan, mungkin sudah selesai dan ingin segera mencari suasana baru, maklum saja hari  kedua ini mata pelajaran yang diujikan merupakan momok banyak siswa, yaitu mata pelajaran Matematika. Setelah semua peserta sesi pertama selesai, sekitar puklul 09.30 WIT, maka disiapkan kembali untuk peserta UNBK sesi kedua yang akan dimulai pukul 10.30 WIT. Pengawas, proktor, dan teknisi ruangan pada sesi pertama ini pun istirahat untuk menyegarkan suasana.

Sementara itu, peserta UNBK sesi kedua sudah mulai berdatangan sekitar pukul 09.45 WIT, dan telah semuanya hadir sekitar pukul 10.15 WIT, sehingga sekitar  pukul 10.25 WIT masuk ke ruangan untuk persiapan mengerjakan soal hari kedua. Pelaksanaan UNBK sesi kedua dimulai pada pukul 10.30 WIT, setelah mendapat token dari server pusat dan diteruskan kepada semua peserta yang hadir. Adapun petugas ruang pada sesi kedua ini, pengawas ruangan Halimatus Sadiah, S.Pd, proktor Ismail, S.Pd dan teknisi Ahmad Fuad Hasan, S.Pd.I. Sedangkan peserta yang tidak hadir dan tidak mengikuti UNBK masih seperti hari sebelumnya ada satu orang.

Kondisi cuaca masih mendung, tidak panas namun juga tidak hujan, dan angin tidak berhempus. Terasa agak panas dan gerah, karena kondisi cuaca yang lembab dan tidak ada angin bertiup. Selanjutnya, peserta UNBK sudah dalam kondisi yang serius dalam menghadapi soal yang ada pada laptop di mejanya masing-masing.  Hanya terdengar bunyi suara burung yang berkicau, terasa sepi dan hening saat semua peserta UNBK mengerjakan tugasnya masing-masing. Peserta serius sekali mengerjakan soal mata pelajaran Matematika, yang selama ini dianggap salah satu mata pelajaran yang menjadi momok siswa.

Pelaksanaan UNBK sesi kedua ini relatif lancar dibandingkan dengan sesi pertama, tidak ada gangguan jaringan internet dan aliran listrik PLN. Semua berjalan tertib, lancar, dan sesuai dengan harapan. Menurut jadwal yang ada, pelaksanaan UNBK sesi kedua ini berakhir pada pukul 12.30 WIT, bahkan sampai habis waktu masih ada peserta yang belum  keluar dari ruangan UNBK, karena mungkin sangat sulitnya soal yang mereka kerjakan.

###1459###

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung