Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

Kegiatan Gladi Bersih UNBK Hari Pertama

Senin, 18 Maret 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 128 Kali

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh BSNP dalam kegiatan gladi bersih dalam rangka persiapan UNBK tahun 2019, maka  UPTD SMPN 1 Bajuin  pun melaksanakan kegiatan gladi bersih UNBK pada Senin, 18  Maret 2019.  Sejak pagi hari sudah disiapkan oleh Ismail, S.Pd dan Ahmad Fuad Hasan, S,Pd.I selaku proktor dan teknisi UNBK UPTD SMPN 1 Bajuin, baik ruangan, peralatan, dan keperluan teknis lainnya untuk suksesnya pelaksanaan gladi bersih UNBK bagi 50 peserta yang akan mengikuti UNBK tahun 2019 ini.

Hari pertama kegiatan gladi bersih UNBK bagi kami di UPTD SMPN 1 Bajuin merupakan pengalaman pertama, karena baru tahun ini kami melaksanakan UNBK dan dilakukan secara mandiri. Memang, sebelumnya peserta UNBK UPTD SMPN 1 Bajuin sudah melaksanakan kegiatan simulasi UNBK, namun kegiatan tersebut dilaksanakan pada sekolah lain, yaitu di SMPN 1 Pelaihari. Tetapi, kini melaksanakan secara mandiri kegiatan gladi bersih UNBK dengan menggunakan peralatan dan ruangan sendiri, sehingga dalam menghadapi gladi bersih ini terasa juga da kekhawatiran akan hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekitar pukul 07.30 WIT, semua laptop sudah dihidupkan dan siap untuk digunakan, dan demikian pula dengan server utama dan cadangan  sudah dihidupkan. Proktor dan teknisi sudah siap di ruangan, lalu kemudian peserta UNBK sesi pertama dipersilahkan memasuki ruangan dan menempati meja laptop masing-masing sesuai dengan arahan sebelumnya. Kondisi cuaca pagi itu cukup baik, tidak ada tanda-tanda akan turun hujan dan gangguan cuaca lainnya.

Sebanyak 22  dari 25 peserta gladi bersih UNBK  sesi pertama pagi ini sudah  menempati tempat duduk yang disediakan, sedangkan 3 peserta lainnya tidak dapat hadir dengan alasan ada yang sakit dan izin. Sebelum mengisi  registrasi sesuai dengan nomor peserta dan kode PIN pada laptopnya masing-masing, peserta berdoa sebelum mulai mengerjakan dipimpin oleh salah satu peserta. Sebagian besar peserta gladi bersih UNBK sudah dapat mengisi registrasi, hanya beberapa peserta yang perlu diarahkan dan dibantu oleh pengawas ruang.

Menjelang pukul 08.00 WIT, proses registrasi dan sebagainya sudah selesai, lalu peserta menunggu kode token yang akan diberikan oleh proktor. Cukup lama menunggu dikirimnya kode token oleh server pusat, ada sekitar 5 menit lebih. Tiba-tiba listrik padam, sehingga membuat suasana menjadi gaduh, karena semua layar laptop peserta gladi bersih UNBK kembali seperti semula sebelum registrasi. Kondisi tersebut disebabkan server utama yang menggunakan listrik PLN mati. Ternyata pagi itu aliran listrik di daerah Bajuin, termasuk di sekitar UPTD SMPN 1 Bajuin , dalam kondisi padam.

Penulis, selaku Kepala UPTD SMPN 1 Bajuin melaporkan kondisi tertunda gladi bersih UNBK yang disebabkan adanya pemadaman listrik ke pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut melalui grup WA  MKKS . Ternyata,  padamnya  listrik PLN  yang tiba-tiba ini juga dialami oleh peserta gladi bersih UNBK dari UPTD SMPN 4 Bajuin. Hal tersebut penulis ketahui dengan adanya kepala sekolah yang bersangkutan yang mengabarkan kepada penulis melalui telpon, bahwa di sekolahnya listrik PLN juga padam.

Alhamdulillah, sekitar pukul 08.40 WIT, listrik PLN menyala kembali sehingga kegiatan dan proses gladi bersih UNBK dilaksanakan. Peserta gladi bersih sesi pertama diminta kembali masuk ruangan setelah sebelumnya diminta keluar karena adanya pemadaman listrik.  Proktor, teknisi, dan pengawas ruang melakukan tugasnya untuk membantu peserta gladi bersih UNBK agar dapat siap masuk dan menjawab soal sebagaimana mestinya, yaitu mata pelajaran Bahasa Inggris.

Pelaksanaan dan proses gladi bersih UNBK pada hari pertama di UPTD SMPN 1 Bajuin dengan menggunakan laptop bantuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut sebanyak 24 unit, baik sesi pertama maupun sesi kedua, berjalan cukup lancar, meski pagi-pagi sebelumnya ada insiden listrik padam secara tiba-tiba. Namun, secara umum kegiatan dan proses gladi bersih UNBK dapat terlaksana dengan baik, hingga berakhir sesi kedua pada pukul 12.15 WIT.

###1423###

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung