Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

KEPSEK MENGIKUTI RAKOR PERSIAPAN PPDB

Minggu, 17 Maret 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 24 Kali

Bersama dengan Pengurus MKKS UPTD SMP dan beberapa kepala UPTD  SMP perwakilan kecamatan se Kabupaten Tanah Laut, penulis mengikuti rapat koordinasi (RAKOR) persiapan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun pelajaran 2019/2020, Sabtu, 16 Maret 2019, di ruang serba guna UPTD SMPN 2 Pelaihari.  Rakor dihadiri pula dari koordinator wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan se Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan rakor persiapan PPDB ini dipimpin Kepala Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Bidang Dikdas Disdikbud Tanah Laut, Imelda, M.Pd, yang didamping staf operator Disdikbud Tanah Laut, Irwan.  Rakor dimulai pada pukul 10.30 WIT, dibuka dan pengantar oleh Imelda, M.Pd. Dalam pengantarnya, antara lain menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti  arahan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut yang disampaikan pada saat menghadiri rapat MKKS UPTD SMP Tanah Laut di UPTD SMPN 5 Pelaihari beberapa waktu lalu tentang PPDB tahun pelajaran 2019/2020.

Menurut Imelda, M.Pd, pada PPDB tahun pelajaran 2019/2020 nanti tidak lagi menggunakan PPDB online seperti tahun lalu, namun tetap menggunakan sistem zonasi. Ada 3 (tiga) poin penting dalam PPDB tahun ini, yaitu (1) zonasi, (2) pretasi, dan (3) mutasi. Sederhananya, zonasi itu merupakan terdekat dengan tempat tinggal. Di Tanah Laut dalam PPDB tahun ini ada 9 zonasi sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Titik pusat zonasinya ada pada SMA. Persyaratan PPDB (SD) diutamakan berdasarkan umur dan alamat.

Selanjutnya, informasi dari Irwan, yang menyampaikan hasil mengikuti rakor tingkat nasional bersama Kadisdik Tanah Laut beberapa waktu yang lalu terkait dengan PPDB tahun 2019/2020. Dalam informasinya antara lain mengenai pembagian zonasi di Kabupaten Tanah Laut yang berpusat di SMA terdekat; konsep dan tujuan zonasi; masalah teknis pembagian zona PPDB Tanah Laut ; dan untuk mendapatkan data tentang zonasi dapat dilihat pada laman zonasi.data.kemdikbud.co.id.

Sesi berikutnya, tanya jawab dengan peserta rapat koordinasi dengan moderator Imelda, M.Pd. Ada beberapa tanggapan dan pertanyaan dari peserta rakor.  Kemudian, sesudah sesi tanya jawab dan tanggapan dari moderator dan pihak lainnya, maka kegiatan rakor ditutup dengan beberapa kesimpulan yang disampaikan oleh moderator. Rakor PPDB berakhir pada pada pukul 12.00 WIT.

###1422###

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung