Website Resmi SMPN 4 PELAIHARI

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

BANTUAN dan DUKUNGAN SEMUA PIHAK KUNCI SUKSESNYA UNBK

Kamis, 14 Maret 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 5 Kali

Kembali, koran Banjarmasin Post memberitakan tentang persiapan pelaksanaan UNBK di berbagai daerah sebagaimana diberitakan pada Kamis, 14 Maret 2019, di halaman 15 dengan judul “ 855 Komputer Dikirim ke Sekolah” dan subjudul “ Pinjam Laptop Siswa untuk Keperluan UNBK”. Diberitakan, Ujian Nasional Berbasis Komputer  (UNBK) tingkat SMP /sederajat dilaksanakan lebih kurang sebulan lagi.  Segala persiapan sudah dilakukan, termasuk pengadaan sarana dan prasarana. Bahkan dari jumlah dari jumlah sekolah yang akan menerapkan UNBK, sebagian besar melaksanakan secara mandiri. Hanya beberapa  yang melaksanakan di sekolah lain atau menumpang.

Kesiapan sekolah dalam menghadapi UNBK sangat dipengaruhi oleh kebijakan dari pemerintah, khususnya pemerintah daerah yang menjadi pengayom sekolah pada era otonomi daerah ini. Disamping itu, sekolah juga perlu mendapatkan dukungan dan sokongan dari orangtua tua siswa yang akan mengikuti UNBK.  Berbagai kendala dan masalah yang dihadapi oleh sekolah dalam menghadapi UNBK sebagian besar terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana UNBK sendiri, seperti penyediaan komputer atau laptop, dukungan jaringan internet, sokongan daya listrik, dan sebagainya.

Adanya bantuan komputer atau laptop dari pemerintah daerah  atau adanya pinjaman dari orangtua siswa sangat membantu terlaksananya UNBK di sekolah. Sekolah dengan segala keterbatasan anggaran tidak mampu membeli atau mengadakan komputer atau laptop secara penuh, paling hanya dapat beli satu set dalam setahun sesuai dengan ketentuan dalam penggunaan dana BOS.  Semakin banyak pihak yang peduli dan memberikan bantuan kepada sekolah dalam upaya pengadaan komputer atau laptop untuk pelaksanaan UNBK, maka semakin banyak sekolah yang mampu menyelenggarakan UNBK secara mandiri.

Kendala dalam penyelenggaraan UNBK dari tahun ke tahun memang selalu ada, namun demikian kendala tersebut diharapkan menjadi cambuk untuk memperbaiki dan meningkatkan kemajuan dunia pendidikan Indonesia, khususnya penyelenggaraan UNBK. Ternyata,  tidak hanya sekolah atau jajaran dinas terkait saja yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan UNBK tersebut, tetapi juga ada pihak lain yang berperan penting dalam sukses dan lancarnya penyelenggaraan UNBK, seperti PLN dan penyedia layanan internet. Perlu kerjasama dan keterpaduan yang lebih baik lagi di masa mendatang agar penmyelenggaraan UNBK lebih baik lagi, terlebih tahun mendatang akan lebih banyak lagi sekolah yang akan menyelanggarakan UNBK.

Dunia pendidikan Indonesia harus terus maju dengan banyak melakukan inovasi dan perbaikan yang terus menerus,  salah satunya  dengan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK bagi siswa SMP sederajat dan SMA/SMK sederajat, untuk menjawab tantangan masa depan. Penyelenggaraan UNBK memang tidak semua sekolah melaksanakannya, karena banyak masalah dan kendala yang harus diatasi terlebih dulu.

Seiring dengan kemajuan dan dinamika masyarakat dan ilmu pengetahuan dan teknologi, terlebih teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan dan mutu dunia pendidikan sangat ditentukan oleh banyak pihak pemangku kepentingan yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan. Pemerintah, orangtua, dan masyarakat menjadi pilar pokok dalam menopang dan dan mendukung dunia pendidikan Indonesia yang bermutu.

 

###1418###

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung