Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

Catatan Singkat Hasil Rapat Kerja MKKS UPTD SMP Tanah Laut di UPTD SMPN 3 Pelaihari

Sabtu, 02 Maret 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 133 Kali

  1. Pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
  2. Sambutan Kepala UPTD SMP Negeri 3 Pelaihari, Drs Fathurrahman Sidiq, M.M.Pd, selaku tuan rumah rapat kerja rutin bulanan MKKS SMP Tanah Laut. Dalam sambutannya, antara lain menyampaikan ucapan selamat datang kepada pengurus dan anggota MKKS SMP Tanah Laut, menyajikan profil sekolah dengan didukung tayangan powerpoin tentang profil sekolah yang berisi sejarah berdirinya sekolah, data guru dan tenaga kependidikan, data siswa, fasilitan dan sarana prasarana, prestasi sekolah/siswa yang pernah diraih, dan sebagainya.
  3. Sambutan berikutnya dari Ketua MKKS SMP Tanah Laut, Agus Darmadi, M.Pd; yang antara lain menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas prestasi sekolah kepada tuan rumah dan anggota MKKS SMP Tanah Laut yang hadir; menginformasikan tentang agenda kegiatan pertemuan hari ini, khususnya tentang akan kedatangan Bupati Tanah Laut dalam rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut hari ini; dan menginformasikan sekaligus memperkenalkan anggota baru MKKS SMP Tanah Laut dari SMP An Najah Pulau Sari Kecamatan Tambang Ulang.
  4. Informasi dan arahan dari Pengawas Sekolah, Hamdani, S.Pd, M.MPd menjadi sambutan selanjutnya; yang antara lain menyempaikan informasi tentang program kepengawasan dan kondisi personil Pengawas Sekolah Disdikbud Tanah Laut saat ini; arahan tentang agar sekolah yang melaksanakan kebijakan LHS (Lima Hari Sekolah) dapat mengintensifkan kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikulernya; perlunya peningkatan penguatan pendidikan karakter melalui pembinaan mental spritual; dan arahan agar kepala sekolah melalukan pembinaan guru dan tenaga kependidikan sekolahnya sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku.
  5. Arahan dan bimbingan Bupati Tanah Laut, antara lain menyampaikan ucapan permohonan maaf atas keterlambatan hadir ke rapat kerja ini karena ada tamu di kantor yang harus ditemui; menyampaikan pendapatnya tentang pentingnya forum MKKS dalam rangka menyikapi dan menyelesaikan permasalahan sekolah; perlunya MKKS juga mengundang dinas atau SKPD terkait dalam forum MKKS dalam upaya mewujudkan kemajuan pendidikan di Tanah Laut; memberikan arahan dan bimbingan bagaimana sekolah mengumpulkan dan mengelola sumbangan dari pihak orangtua siswa atau masyarakat.Selanjutnya, Bupati juga berpesan tentang penting audit internal kepada semua sekolah agar nantinya kepala sekolah tidak bermasalah dikemudian hari; menginformasikan tentang kesiapan UNBK yang akan dilaksanakan oleh seluruh SMP se Kabupaten Tanah Laut dan berpesan agar laptop atau komputer yang akan diberikan oleh Disdikbud Tanah Laut agar dikelola, disimpan, dan diamankan dengan sebaik-baiknya; dan menghimbau agar semua guru dan siswa se Kabupaten Tanah Laut memakai kain batik sasirangan yang bermotif khas Tanah Laut, yaitu motif kijang, jagung, dan bunga anggrek.Setelah pengarahan dan bimbingan Bupati, dilanjutkan dengan dialog/tanya jawab. Ada 3 (tiga) penanya yang diberikan kesempatan bertanya kepada Bupati pada sesi pertama, yaitu R.Djaka Sarjana,  Iriansyah, dan Fathurraham Sidiq.  Kemudian, Bupati memberikan tanggapan atas pertanyaan yang disampaikan peserta rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut tersebut, sesi berikutnya dibuka hanya untuk seorang penanya karena mengingat waktu. Penanya sesi kedua ini oleh H.Faturrahman.
  1. Arahan dari Kepala Disdikbud Tanah Laut, Abdillah, M.Pd, yang berkaitan dengan penyampaian hasil mengikuti kegiatan Rembug Nasional Pendidikan di Jakarta baru-baru tadi. Ada beberapa poin penting hasil Rembug Nasional Pendidikan; antara lain masalah penganggaran dan pengawasn KPK di daerah, portal rumah belajar yang disediakan oleh pihak Kemendikbud untuk guru dan siswa, dan program pendidikan keluarga. Informasi lain yang disampaikan terkait dengan masalah regulasi, berupa peraturan bupati, untuk mengatur dan memayungi sekolah dalam rangka menggalang dana sumbangan dari orangtua siswa atau masyarakat; dan pendistribusian laptop ke skolah dalam rangka persiapan UNBK.
  2. Pembacaan doa yang dipandu oleh Drs. Fathurrahman Sidiq, M.M.Pd

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung