Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

PENGAJARAN, MENGAJAR, DAN PEMBELAJARAN

Minggu, 10 Februari 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 87 Kali

Apa bedanya pengajaran dan pembelajaran?  Membahas dan mempersoalkan perbedaan pengajaran dan pembelajaran perlu kita merujuk kepada beberapa pendapat tokoh pendidikan agar kita dapat memahaminya dengan baik.  Menurut pendapat K.H.Dewantara dalam buku Metodologi Pengajaran Agama Islam,  karya Ahmad Tafsir (1995), mengatakan “ Pengajaran (onderwijs) itu tidak lain dan tidak bukan ialah salah satu  bagian dari pendidikan. Jelasnya, pengajaran tidak lain ialah pendidikan dengan cara memberikan ilmu atau pengetahuan serta kecakapan”.

Menurut Ahmad Rohani HM dan Abu Ahmadi dalam bukunya Pengelolaan Pengajaran (1995), mengatakan “ Pengajaran, merupakan totalitas aktifitas belajar-mengajar  yang diawali dengan perencanaan diakhiri dengan evaluasi. Dari evaluasi ini diteruskan dengan follow up. Secara lebih jelas dapat dikatakan, pengajaran sebagai kegiatan yang mencakup semua/meliputi, yang secara langsung dimaksudkan untuk mencapai tujuan-tujuan khusus pengajaran (menentukan entry-behavior peserta didik, menyusun rencana pelajaran, memberikan informasi, bertanya, Sedangkan A.Tresna Sastrawijaya dalam bukunya Pengembangan Program Pengajaran (1991) menyebutkan “ Pengajaran adalah suatu usaha mengubah seseorang agar ia dapat berperilaku tertentu. Usaha mengubah itu dilakukan secara terkendali. Dalam pengajaran ada kesengajaan. Hal ini menunjukkan ciri khas suatu pengajaran. Pengajaran terjadi setelah usaha tertentu dibuat untuk mengubah suatu keadaan semula menjadi keadaan yang diharapkan” .

Sementara itu, mengenai definisi mengajar ada beberapa pendapat para ahli pendidikan. Menurut pendapat Sikun Pribadi dalam buku Menjadi Guru Inisiator karya Thoifuri  (2008) , mengatakan “ Mengajar adalah kegiatan pembinaan yang terkait dengan ranah kognitif dan psikomotorik. Ranah kognitif dengan tujuan agar siswa lebih cerdas,  banyak pengetahuan, berpikir kritis, sistematis, dan objektif. Untuk ranah psikomotorik dengan tujuan terampil melaksanakan sesuatu, seperti ; membaca, menulis, menyanyi, berhitung, lari cepat, berenang dan lain-lain ”.

Sedangkan pendapat Thoifuri dalam bukunya Menjadi Guru Inisiator (2008), mengatkan “ Mengajar adalah menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa atau anak didik. Ini memberi bukti pengertian secara sempit (teacher centered) dan menimbulkan penafsiran bahwa guru adalah menyampaikan ilmu secara aktif dan siswa hanya pasif, duduk dan mendengarkan “.

Selanjutnya, mengenai definisi pembelajaran, menurut Ahmad Barizi dalam bukunya Menjadi Guru Unggul ( 2009) mendefinisikan “ Pembelajaran  adalah ‘proses, cara, menjadikan orang atau makhluk hidup belajar “.

Dari beberapa pendapat ahli pendidikan di atas mengenai pengajaran, mengajar, dan pembelajaran, maka  menurut Agus N.Cahyo dalam bukunya Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar (2013),  menegaskan  “ Pengajaran dan pembelajaran  memiliki makna yang hampir sama. Pembelajaran adalah usaha sadar guru untuk membantu siswa atau anak didik, agar mereka dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Sementara pengajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Pengajaran juga diartikan sebagai interaksi belajar dan mengajar. Pengajaran berlangsung sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa “.

Berdasarkan beberapa pendapat ahli di atas, penulis dapat menyimpulkan,  bahwa pengajaran mengajar, dan pembelajaran memiliki pengertian dan makna yang  hampir sama dan tidak ada perbedaan yang bersifat mendasar. Pengajaran, mengajar,  dan pembelajaran memiliki persamaan,  yaitu adanya hubungan interaksi antara guru, siswa, dan bahan ajar  dalam suatu kegiatan di kelas atau di luar kelas,  guna mendapatkan ilmu pengetahuan, memahami, dan meningkatkan keterampilan bagi siswa.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung