Website Resmi SMPN 4 PELAIHARI

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

Visi-Misi dan Tujuan Sekolah

Senin, 23 Oktober 2017 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 255 Kali

A. VISI

MEMBENTUK PESERTA DIDIK YANG BERILMU, BERAKHLAK MULIA, BERWAWASAN LINGKUNGAN, DAN TERAMPIL BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA.

B. MISI

  1. Mendidik siswa untuk memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap dan berakhlak mulia.
  2. Meningkatkan peran serta warga sekolah ( Kepsek, Guru, Siswa, dan orangtua) dalam perilaku hidup bersih, hidup sehat, dan peduli lingkungan.
  3. Menciptakan budaya dan suasana kerja yang harmonis.
  4. Membina dan mengembangkan potensi warga sekolah menjadi SDM yang bermutu, handal, dan mampu meningkatkan pelayanan serta mutu sekolah.

C. TUJUAN

  1. MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG INOVATIF DAN KREATIF BAGI SEMUA GURU MATA PELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS  TIK.
    1. Memenuhi kelengkapan administrasi kurikulum SMPN 4 Pelaihari
    2. Menghasilkan perangkat pembelajaran yang inovatif dan kreatif melalui pembelajaran aktif berdasarkan Kurikulum 2013
    3. Memiliki program muatan lokal Pendidikan Al Qur,an yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan masyarakat sekitar.
  2. MENGEMBANGKAN PROSES PEMBELAJARAN YANG SESUAI DENGAN SNP ( STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN )
    1. Memenuhi prinsif pembelajaran terkini/mutakhir
    2. Pencapaian ketersediaan bahan dan sumber belajar yang memadai
  3. MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN.
    1. Memenuhi ketersediaan media pembelajaran yang memadai dan relevan.
    2. Menciptakan iklim pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif,dan menyenangkan.
  4. MENGEMBANGKAN SISTEM PENILAIAN PENDIDIKAN YANG SESUIA DENGAN STANDAR PENILAIAN.
    1. Menghasilkan perangkat/instrumen penilaian pembelajaran yang relevan
    2. Menghasilkan implementasi penilaian pembelajaran yang realiabel
    3. Menghasilkan pedoman penilaian pembelajaran yang valid
    4. Menghasilkan implementasi tindak lanjut pembelajaran yang berkesinambungan.
  5. MENGEMBANGKAN SEMANGAT KEBERSAMAAN DAN KEPEDULIAN SESAMA WARGA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN KEHIDUPAN SEKOLAH YANG HARMONIS.
    1. Menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang penuh rasa kekeluargaan dan kebersamaan
    2. Menciptakan budaya disiplin, tepat waktu, kolektivitas, dan peduli dengan rekan sesama.
    3. Menciptakan suasana kekeluargaan dan keakraban dengan komite sekolah dan orangtua serta masyarakat sekitar.
  6. MENINGKATKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS MANAJEMEN SEKOLAH.
    1. Memenuhi kelengkapan-kelengkapan sekolah sesuai dengan SNP
    2. Menghasilkan implementasi struktur dan manajemen sekolah sesuai SNP
    3. Menghasilkan jaringan informasi internal dan kerja secara horizontal dan vertikal.
    4. Pencapaian penggalangan partisipasi masyarakat dengan pemberdayaan komite sekolah
    5. Menjadikan sekolah sebagai sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
  7. MENINGKATKAN KUALIFIKASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN.
    1. Memenuhi kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten dan profesional.
    2. Pencapaian standar kualifikasi pendidik dengan bukti sertifikasi
    3. Pencapaian standar kualifikasi tenaga kependidikan.
  8. MENGHASILKAN LULUSAN DENGAN PRESTASI AKADEMIKI YANG BAIK DITUNJANG DENGAN PRESTASI NONAKADEMIK.
    1. Memenuhi prinsif/aturan standar ketuntasn belajar dan kelulusan.
    2. Menghasilkan lulusan (output) yang cerda, mandiri, terampil, dan kompetitif.
    3. Dapat mencapai prestasi juara, baik akademik maupun nonakademik.
    4. Menghasilkan insan yang kokoh keimanan dan ketakwaannya serta berakhlak mulia.
    5. Menghasilkan insan yang berbudaya hidup sehat dan peduli lingkungan.
  9. MEWUJUDKAN SEKOLAH BERBUDAYA LINGKUNGAN.
    1. Memenuhi kelengkapan Sekolah Berbudaya Lingkungan.
    2. Menghasilkan implementasi Sekolah Berbudaya Lingkungan pada warga sekolah.
    3. Meningkatnya kepedulian warga sekolah dan masyarakat sekita terhadap pemeliharaan lingkungan hidup.

 

 

Statistik Pengunjung