Website Resmi UPTD SMPN 1 BAJUIN

Desa Tanjung Blok IIIA Kelurahan Tanjung Kec. Bajuin Kab. Tanah Laut - Kalsel

"Berilmu, Berakhlak Mulia, Berwawasan Lingkungan, dan Terampil Berlandaskan Iman & Tqwa"

KEGIATAN WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL/OPINI FGM TANAH LAUT HARI TERAKHIR

Rabu, 28 Februari 2018 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 170 Kali

Sabtu, tanggal 24 Pebruari 2018, merupakan hari kedua dan terakhir dalam kegiatan Workshop Penulisan Artikel/Opini yang diselenggarakan oleh Forum Guru Menulis (FGM) Tanah Laut.  Setelah pada Sabtu, tanggal 17 Pebruari 2018 lalu, dan juga diikuti dengan kegiatan non tatap muka atau online melalui DARING (dalam jaringan) group WhatsApp atau WA  yang dibuat oleh Panitia, yaitu group FGM Tala Artikel-2018. Peserta yang mengikuti kegiatan pada hari terakhir sebanyak 24 dari 25 yang terdaftar, ada seorang peserta yang tidak dapat hadir karena salah satu keluarganya meninggal dunia pada hari itu.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 09.30 WIT dengan penyampaian materi oleh Taufik Nor tentang etika dalam penulisan artikel/opini. Setelah penyampaian materi oleh Taufik Nor, dilanjutkan oleh saya (Maslani)  tentang pelaksanaan editing arikel/ opini diiringi dengan penyangan naskah /draf artikel/opini yang telah mengirim kepada kami narasumber. Penayangan salah satu contoh artikel/opini peserta yang ditulis oleh Shaddha Antani Muhamat Kristianto, S.Pd,guru SDN VI Muara Kintap Kecamatan Kintap  Kabupaten Tanah Laut,  dengan judul “ Siapa Takut Mencintai Profesi Guru”.

Saya memberikan contoh bagaimana tugas penulis sebagai editor terhadap hasil karya tulis sendiri sebelum naskah karya tulis tersebut dikirim ke penerbit atau pihak lain. Melakukan editing terhadap karya tulis sendiri sebelum dikirim ke pihak lain merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh seorang penulis, terlebih lagi bagi penulis pemula. Selanjutnya, kegiatan praktik melakukan editing terhadap tulisan artikel/opini masing-masing hingga  menjelang pukul 12.00 WIT.

Setelah istirahat, pukul 12.00-13.00 WIT, dilanjutkan dengan penanyangan dan evaluasi terhadap beberapa tulisan artikel /opini yang sudah  diedit sendiri oleh peserta. Ada 20 peserta yang telah membuat tulisan artikel/opini dan mengirim kepada narasumber untuk diedit kembali guna dipersiapkan tulisan artikel/opini tersebut dikirim ke redaksi koran lokal Kalimantan Selatan. Dalam rangka persiapan pengiriman tulisan artikel/opini tersebut, masing-masing peserta menyiapkan kartu identitas diri yang masih berlaku dan foto untuk melengkapi persyaratan pengiriman tulisan artikel/opini ke redaksi koran yang dimaksud.

Sebelum kegiatan Workshop Penulisan Artikel/Opini ini ditutup, narasumber, panitia, dan peserta melakukan diskusi tentang tindak lanjut kegiatan ini ke depan, termasuk mendiskusikan adanya kegiatan workshop berikutnya karena masih adanya guru yang ingin mengikuti kegiatan workshop seperti ini. Kesimpulannya, kegiatan Workshop Penulisan Artikel/Opini ini akan ditindaklanjuti dengan pembentukan organisasi yang lebih besar lagi, yaitu pembentukan pengurus daerah IGI (Ikatan Guru Indonesia) Kabupaten Tanah Laut, dan melaksanakan kegiatan workshop lagi pada bulan April 2018. Kegiatan Workshop Penulisan Artikel/Opini ditutup sekitar pukul 15.00 WIT. Selamat dan sukses FGM Tanah Laut,  yang telah  berbuat nyata untuk membantu guru mewujudkan profesionalisme di Tanah laut tercinta

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT

Statistik Pengunjung